Cara Melaporkan Si Pencuri Artikel Blog Ke Google DMCA (Paling Lengkap) - CaraKlik

Breaking

Tutorial,Review dan Cara Menghasilkan Uang Dari Internet

Saturday 18 February 2017

Cara Melaporkan Si Pencuri Artikel Blog Ke Google DMCA (Paling Lengkap)

Pada saat membuat sebuah artikel yang berkualitas, seorang penulis terkadang membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk merangkai sebuah susunan kalimat yang enak untuk dibaca, namun ada saja blogger pemalas yang tidak mau menghargai hasil jerih payah tersebut dengan menduplikasi konten yang anda buat, dan tentu saja itu adalah perbuatan yang tidak bisa dibenarkan.

Cara Melaporkan Si Pencuri Artikel Blog Ke Google DMCA Dengan Benar
Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan informasi tentang bagaimana Cara mengetahui apakah artikel anda di copy orang lain dan cara melaporkannya ke google DMCA.

Dampak yang diterima oleh pemilik konten original adalah akan berkurangnya lalu lintas untuk artikel yang dicopy tersebut atau bahkan akan kehilangan peringkat di SERP, karena dalam sebuah kasus pemilik blog pencuri malah mendapatkan peringkat lebih tinggi dibandingkan sang pemilik konten aslinya.


Tentu saja google sudah mengantisipasi akan hal tersebut, dengan menyediakan layanan pengaduan bagi pemilik konten asli untuk melaporkan pemilik blog yang mengcopy konten anda, yaitu google DMCA ( Digital Millennium Copyright Art ).

Atau lebih sederhananya sebuah layanan yang disediakan google untuk pengaduan atas pelanggaran hak cipta yang dilakukan oleh seseorang yang menduplikasi artikel orang lain.

Jadi setelah anda melaporkan halaman anda yang dicuri, dari pengalaman saya dalam waktu 2-10 hari maka artikel yang dicuri tersebut akan dihapus oleh google, dan setelah itu traffic anda akan kembali membaik, ini untuk sang pencuri konten yang menggunakan platform blogger.

Namun sayangnya untuk penduplikat konten yang menggunakan platform wordpress, google tidak bisa menghapus artikel tersebut, AKAN TETAPI google tidak akan menayangkan konten curian tersebut disearch engine karena google tidak akan mengindex nya.

Jadi salah satu caranya adalah melaporkannya ke DMCA wordpress atau melindungi blog anda dengan 2 Cara Jitu Agar Artikel Atau Konten Blog Tidak Bisa Di Copy Orang Lain

Lalu bagaimana cara melaporkan pencurian konten tersebut ke google DMCA?

Sebelum melangkah ke cara tersebut, berikut cara mengetahui apakah konten anda telah dicopy paste oleh orang lain,

Cara Mengetahui Yang Menduplikat Konten Blog Anda


  • Copy Artikel Postingan Anda

Cara ini adalah yang paling sederhana dan paling mudah, karena anda hanya mengcopy beberapa baris dari salah satu postingan yang anda curigai telah dicuri kemudian pastekan ke mesin penelusuran google, silahkan lihat gambar berikut;

Cara Melaporkan Si Pencuri Artikel Blog Ke Google DMCA Dengan Benar


Dari hasil penulusan google diatas, ternyata saya menemukan 2 blog yang memiliki cuplikan susunan kata yang sama persis, dan untuk meyakinkannya tentu saja saya membuka 2 pencuri konten tersebut,

Bahkan pada salah satu blog tersebut saya menemukan 6 artikel saya yang dicopas keseluruhannya tanpa ada perbedaan dengan artikel aslinya.

Jadi setelah anda mengetahui akan hal tersebut, silahkan memperingati penduplicat konten tersebut melalui email atau dengan meninggalkan pesan di kolom komentarnya, 

Namun apabila setelah anda memperingatinya dan tidak ada respon, silahkan langsung melaporkannya ke google, dan berikut caranya,

Cara Melaporkan Pencurian Konten Ke Google DMCA


Setelah anda membuka halaman tersebut, maka anda akan disuguhkan sebuah formulir, isi sesuai gambar berikut;

Cara Melaporkan Si Pencuri Artikel Blog Ke Google DMCA Dengan Benar


Keterangan gambar;
  1. Nama depan anda
  2. Nama belakang
  3. Nama perusahaan anda, bisa anda isikan nama blog atau website anda
  4. Pilih Self, lalu centang kotak konfirmasi dibawahnya
  5. Masukkan alamat email anda
  6. Pilih negara anda
  7. Isikan keluhan anda, bisa dengan bahasa indonesia
  8. Isikan URL original anda
  9. Isikan URL sang pencuri
  10. Centang semua kotak tersebut ( penjelasannya silahkan ditranslate sendiri )
  11. ketikkan tanggal pengaduan anda (Bulan/Tanggal/Tahun)
  12. Ketikkan nama anda
  13. Klik kotak reCAPTCHA untuk menyatakan anda bukan robot
  14. Terakhir klik submit
Setelah anda melakukan submit, maka anda tinggal menunggu permintaan anda diapprove oleh pihak google, silahkan klik dasboard notice untuk mengetahui status permintaan anda.

Dan setelah 2-10 hari URL pencuri tersebut akan dihapus oleh google.

Semoga artikel saya ini bermanfaat untuk anda yang terkena pencurian, dan bagi para pencuri konten orang lain, bukannya kami pemilik konten asli pelit, namun ini bisa menjadi pembelajaran bagi anda untuk mulai belajar membuat konten original sendiri, jadi secara berkala anda akan mahir menulis dan merangkai kata-kata yang enak dibaca dari hasil jerih payah anda sendiri.

No comments:

Post a Comment