WHAT'S NEW?
Loading...

Lowongan CPNS 2018 Membutuhkan 220 Ribu Pegawai Tetap

Lowongan CPNS di tahun 2018 akan menyerap setidaknya 220 ribu calon pegawai negeri sipil pada bulan Juli 2018 nanti. Hal tersebut diungkapkan oleh Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB) Asman Abnur pada saat peresemian Excelso Coffee shop di SPBU Vitka, Batam pada hari Senin (18/07/208).

Lowongan CPNS 2018 Membutuhkan 220 Ribu Pegawai Tetap
Pict:banjarmasin.tribunnews.com


Namun jumlah tersebut masih dikaji oleh kemenpan untuk memastikan berapa jumlah CPNS yang akan direkrut kali ini.

"Usulan dari seluruh daerah sudah masuk, kita sedang kaji kebutuhannya," Kata Usman

Penerimaan ini akan di khususkan untuk mengisi kebutuhan pegawai di pemerintahan daerah, baik itu kabupaten/kota atau provinsi.

Asman sendiri juga menegaskan, tidak semua usulan tersebut dikabulkan, karena ada 5 hal yang menjadi pedoman dalam rekrutmen CPNS kali ini;

1. Pengisian Kekosongan

Lowongan kali ini diutamakan untuk mengisi kekosongan PNS yang sudah pensiun, meninggal dunia, mengundurkan diri atau karena masalah-masalah lainnya

Di seluruh Indonesia, ada sekitar 220 ribu kekosongan PNS, kata Asman.

Kendati demikian, tidak seluruh kekosongan ini akan diisi 100%, karena pemerintah menetapkan pertumbuhan minus PNS.

2. Penyesuaian Anggaran

Lowongan CPNS kali ini, akan disesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah agar tidak membebani APBD.

"Kalau PNS nya kebanyakan, kasihan nanti rakyat, APBD hanya tersedot untuk belanja pegawai," Tambah Usman.

3. Formasi Berbasis Potensi

Asman juga mengatakan, formasi penerimaan CPNS untuk di daerah harus disesuaikan dengan potensi daerah itu sendiri, sehingga penerimaan CPNS ini diharapkan bisa mengangkat pertumbuhan ekonomi daerah.

4. Tenaga Pendidik Dan Kesehatan

Asman Abnur juga menegaskan bahwa rekrutmen CPNS kali ini, akan diutamakan untuk tenaga pendidik dan kesehatan di setiap daerah, karena hampir seluruhnya mengalami kekurangan tenaga pelajar dan kesehatan.

Masalah pendidikan dan kesehatan, kata Usman, harus menjadi perhatian utama daerah karena hal ini menyangkut pembangunan sumber daya manusia ke depannya.

5. Tak Ada Beking

Asman juga mengingatkan kepada setiap peserta rekrutmen CPNS 2018, bahwa dalam rekrutmen kali ini tidak akan ada sistem beking-membeking atau calon titipan.

Seleksi akan dilakukan dengan sistem tes komputer atau dikenal dengan Komputer Assisted Test (CAT) yang langsung bisa dilihat hasilnya setelah ujian.

"Siapapun tidak akan bisa membantu, termasuk menteri sendiri. Semuanya transparan karena hasil tes akan langsung bisa dilihat hari itu juga," Kata Usman.

Asman juga mengingatkan, agar jangan percaya dengan bujukan siapapun yang menjanjikan bisa diterima, karena hal itu bohong.

"Kalau anda bayar seseorang dengan iming-iming, jangan percaya. Itu bohong semua,". Katanya.

Kendati demikian, kata Usman, dalam seleksi administrasi nanti, akan ada kuota 10% bagi peserta tes yang mendapatkan gelar cum laude di perguruan tinggi. Hal itu bertujuan agar para pegawai ke depan diisi oleh orang-orang pintar.

"Kita jatahkan 10 persen untuk yang meraih gelar sarjana dengan cum laude," Katanya lagi.

Badan Kepegawaian Nasional (BKN) kini mulai mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan, untuk penyelenggaraan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018.

Sejauh ini pemerintah memang belum mengumumkan secara resmi terkait penerimaan CPNS 2018. Namun dalam siaran pers bernomor 008/RILIS/BKN/VI/2018 yang dirilis kemarin Selasa (12/06/2018), BKN menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan infrastruktur untuk penerimaan CPNS 2018.

Diantaranya adalah meningkatkan kapasitas web pendaftaran SSCN, seleksi Administrasi, hingga proses seleksi kompetensi dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKD), untuk mengantisipasi banyaknya jumlah pendaftar.

BKN memperkirakan, jumlah pendaftar CPNS 2018 akan mencapai 8 hingga 10 juta orang.

Sistem Helpdesk dan pengaduan juga akan dilaksanakan dengan lebih efektif, cepat, transparan dan efisien.

"Sistem Helpdesk ini akan dibuat secara online (yang menyatu dengan web SSCN) maupun offline dikantor pusat BKN dan 14 kantor Regional BKN," Jelas Mohammad Ridwan, Kepala Biro Humas BKN dalam rilisnya.

Informasi resmi penerimaan CPNS 2018 dapat anda pantau di web dan kanal informasi Kementerian PAN RB dan BKN.

BKN telah menyediakan beberapa kanal informasi yang bisa anda klik langsung,yaitu; 

Tag : Lowongan CPNS 2018, Lowongan CPNS Jateng, Lowongan CPNS Jabar, Lowongan CPNS Jatim, Lowongan CPNS Lulusan SMA, SMK, D3, S1

Source


0 komentar:

Post a Comment