WHAT'S NEW?
Loading...

Tips dan Cara Membuat Video Youtube Agar Memiliki Banyak Subscriber Setia

Cara Membuat dan Mendapatkan Uang di Youtube memang bukan hal baru dan tergolong masih dengan mudah dipelajari dan di praktekkan oleh siapapun yang suka membuat konten video.

Cara Membuat Video Youtube


Namun karena hal itu juga yang membuat banyak youtuber yang membuat konten yang biasa saja dan tidak memiliki ide kreatif menjadi tenggelam secara perlahan oleh para youtuber baru yang memiliki ide-ide lebih kreatif dan unik yang banyak mengundang banyak viewer ke channelnya.

Ah gak usah kwatir, saya sudah memiliki ribuan subscriber setia,,,

Mungkin itulah salah satu faktor yang mengawali kehancuran channel anda nantinya, ingat bro...ada tombol unsubscribe yang akan dengan mudah mereka pencet apabila dirasa konten-konten video yang anda sajikan membosankan, tidak menarik lagi bagi mereka, apalagi tidak pernah update,,,malah menuh-menuhin notifikasi, mending unsubscribe aja.

Lebih parahnya lagi yang baru memiliki beberapa subscriber namun tidak mengoptimasi konten videonya dan cenderung membuat konten ala kadarnya, saya pastikan anda akan gagal untuk menjadi youtuber yang sukses gan.

Apabila hal tersebut tidak ingin anda alami, yang tentu saja akan berimbas pada penghasilan anda, berikut saya berikan Tips dan cara membuat video di Youtube dan mengoptimasi konten video anda agar lebih menarik banyak viewers sehingga memiliki banyak subscriber setia

Tips dan Cara Membuat Video di Youtube Agar Memiliki Banyak Subscriber Setia.


1. Membuat Konten Video yang Berdurasi Panjang 

Tips yang pertama yang bisa Anda terapkan dalam membuat video di youtube adalah konten video yang Anda buat harus lah berdurasi panjang. Memang hal yang paling penting di youtube adalah viewers, namun anda juga harus memperhatikan hal yang lebih penting yakni watch time atau waktu tonton.

Watch time merupakan faktor yang penting untuk berhasilnya sebuah konten video di youtube. Video yang memiliki durasi di atas 10 menit, akan mendapatkan ekstra monetiz yang lebih tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan video yang memiliki durasi yang lebih pendek.

Namun jangan asal panjang saja, jangan karena mengejar durasi panjang anda membuat video yang monoton, suguhkan penonton anda hal menarik dimenit awal video anda, buat mereka penasaran hingga dipertengahan video dan akhiri dengan ending yang klimax yang membuat viewers anda akan memencet tombol like dan subscribe tanpa pikir-pikir.

2. Mempertahankan Pengguna Aktif atau Active User

Selain harus memiliki durasi yang panjang dalam sebuah konten, ada hal yang lebih penting lagi dibandingkan watch time. Yakni adanya pengguna yang masih aktif atau actvie user, atau bisa dibilang seberapa loyalnya pengguna yang masih aktif melihat konten video Anda setiap harinya, itulah yang bisa menyebabkan Anda mendapatkan subscriber yang setia.

Terkadang banyak channel youtube yang memiliki subscriber ratusan ribu, namun saat dilihat viewnya hanya sedikit. Lalu kemana ratusan subscriber lainnya?

Hal ini bisa disebabkan oleh dua hal yakni karena subscriber tersebut tidak mendapatkan hal yang menarik dari judul yang anda buat atau thumnail video yang kurang menarik mereka untuk mengklik konten video baru anda.

Nah melihat dari permasalahan itu, mereka yang sering mengupload konten video baik mengenai vlog, game, music, news akan lebih memiliki active user yang pesat. Dibandingkan mereka yang jarang mengupload video, maka dari itu agar subscribe Anda terjaga dan tidak hangus ada baiknya Anda selalu mengupload konten video Anda dengan judul dan thumnail yang menarik perhatian subscriber anda.

3. Membuat Nama File dan Judul Video Yang Mengandung Keyword atau Kata Kunci

Setelah anda membuat sebuah video dan ingin anda upload, sebaiknya beri nama file video anda dengan kata kunci yang anda targetkan. Ini bertujuan agar memudahkan mesin pencari untuk menampilkan video anda diposisi paling atas karena paling relevan dengan kata kunci yang diketikkan oleh si penonton tersebut, jangan lupa untuk mengganti spasi dengan tanda strip, contoh judul video : Cara-membuat-slime.mp4

Setelah video anda selesai di upload, kemudian ubah atau tambahkan kata-kata yang lebih menarik perhatian seseorang agar mereka penasaran dengan judul yang anda buat.

Saya contohkan kembali : "Cara Membuat Slime" tadi adalah kata kunci utama, namun itu masih merupakan judul umum dan pasti akan banyak video serupa yang akan membuat judul seperti itu diawalnya, nah untuk membuatnya menarik dan membikin penasaran, tambahkan kalimat yang sedikit aneh namun nantinya memang benar adanya didalam konten yang anda sajikan agar penonton tidak kecewan, begini contohnya penambahannya : "Cara Mebuat Slime Tanpa Slime Activator"

Nah lho trus pake apa?

Buat penonton berpikir dan penasaran, sehingga potensi besar terjadinya klik ke video anda akan sangat besar tentunya. Namun ingat bukan judul saja yang membuat pengunjung penasaran, karena ini video bro, jadi ada sebuah gambar yang harus mencuri perhatian mereka disamping judul yang menarik.

4. Membuat Thumbnail Video Yang Menarik

Seperti yang sudah saya singgung sedikit diatas, faktor penunjang yang membuat suksesnya video yang akan mencuri perhatian diawal bukan dari judul saja, anda harus memiliki ide yang kreatif untuk membuat thumbnail atau gambar kecil yang mewakili video anda di jajaran video serupa yang ikut bersaing dengan video anda.

Namun jangan asal membuat thumbnail video, buat yang masih relevan dan nalar dengan isi dari video yang anda suguhkan, penonton sekarang sudah semakin pintar bro untuk menilai tingkat profesionalitas seorang content creator dari thumbnail video youtube yang anda suguhkan, jadi jangan membuat thumbnail yang tidak masuk akal ya..

5. Membuat Deskripsi Yang Singkat, Padat dan Berisi Keyword

Faktor berikutnya yang masih berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization) adalah dengan mengisi deskripsi video anda dengan deskripsi yang singkat namun padat dan berisi kata kunci yang anda kejar, jangan berikan bumbu rahasianya dideskripsi tersebut, lagi-lagi biarkan penonton anda penasaran apa sih isinya dan rahasianya bisa seperti itu.

6. Menggunakan Tag Yang Relevan

Membuat tag yang relevan dengan konten video bertujuan untuk memetakan setiap video yang anda upload, jadi pastikan anda membuat tag yang berkaitan dengan video yang anda buat.

Kemudian tag yang direkomendasikan setidaknya 10 tag dengan jumlah karakter yang tidak lebih dari 100 karakter, dan jangan lupa untuk memisahkannya dengan tanda kutip ganda ( " ).

7. Menambahkan Anotasi Yang Efektif

Setelah video anda menjadi juara di posisi utama, dan sudah mencuri perhatian karena judul dan thumbnail yang anda buat menarik perhatian mereka, maka tibalah saatnya pengunjung anda akan mulai menikmati video yang anda buat.

Dari sinilah faktor penentu yang membuat mereka menentukan pilihan, apakah mereka mau menikmatinya hingga akhir atau berpindah tempat dimenit ke 2.

Salah satu hal yang membuat video anda menarik adalah sebuah anotasi atau text didalam sebuah video untuk menjelaskan, menggambarkan, mengekspresikan dan ajakan untuk sesuatu hal yang perlu dijelaskan dalam sebuah video tersebut.

Salah satunya adalah tulisan ajakan ke penonton Like anda Subscribe, memang bisa untuk meminta penonton anda dengan menggunakan kata-kata, namun alangkah lebih manisnya untuk mengajak atau mengarahkan mereka melalui text unik yang anda suguhkan.

Nah kira-kira itulah Tips dan cara membuat video youtube yang bisa saya bagikan pada kesempatan kali ini. semoga tips dan cara di atas dapat Anda lakukan pada saat Anda hendak membuat konten video pada youtube agar bisa meningkatkan viewers maupun subscriber, sehingga penghasilan yang anda harapkan dapat Anda peroleh sesuai dengan keinginan anda.

0 komentar:

Post a Comment